Got Tired in Kebun Raya Purwodadi

Ini awal dari jalan-jalan keluar dari Malang yang pertama. Waktu itu liburan semester 1. Saya gak pulang ke kampung halaman karena pertimbangan ongkos. ONGKOS. Tiket pesawat di musim libur akhir tahun sudah pasti naik. Dan baru lima bulan berubah status jadi perantau, belum dramatis untuk pulang melepas rindu ke ayah bunda di sana.

Syukurnya ada dua perempuan yang ternyata gak mudik juga. Firda, asal Lombok Timur. Ain, asal Padang. Kami daariii…. *lupakan*

Awalnya hanya Firda dan saya yang punya rencana jalan-jalan jauh. *Kalo diingat-ingat, ini jalanjalan kedua bareng Firda. Saya dan Firda punya kisah hampir menginap terpaksa di Batu, berdua* Eh pas ajakin Ain juga, dia mau ikut. Yeay! Kita bertiga.

Kita pengen maen ke pantai. Ettapi jauh. Gak ada angkutan umum yang bisa kesana. Nyewa motorpun, saya angkat tangan. Nyerah. Gak berani. Firda apalagi. Mau ke Jogja, Firda lagi nabung. Ya udah yang deket-deket dan terjangkau transportasi umum.

Kamis, jam 7 pagi kita bertiga janjian ngumpul di dekat kost-an saya. Dari situ kita ke terminal Arjosari. Itu pertama kalinya saya ngangkot ke Arjosari. Rasanya jauh. Dan memang! Pas nyampe terminal, 3 perempuan ini kebingungan. Nah Lo! Kita disambut bapak-bapak, nyebutnya apa ya, yang teriak-teriak, ” Maaliingg Maaalinngg” eh salah ding, “Surabaya Surabayaaaaa !!!”

” Pak, Ke *tiiiiiiittt* (disensor dulu tujuannya) berapa ya?” tanyaku ke bapak-bapak yang paling dekat dari tempat kami.

” Dua puluh lima ribu, Mbak.” jawabnya.

Uwhaaaat? Ape lu kateee pak? Sambil pake mata melotot. Ke Surabaya aja gak segitu. Saya protes sewot. Dalam hati -_-. Iya kali protes beneran, pasti langsung dinaikkin ke atap bus sama bapaknya.

“Kemahalan, Pak. Masa segitu” Kami bertiga protes manja. Percaya? Jangan! Si bapak itu maen bisik-bisik ke temannya, trus ngomong lagi ke kita.

“Lima belas ribu deh, mbak” katanya lagi. Saya, Firda, Ain, kode-kodean. Dan Ok.

Bismillah. Kita naek ke bus. Sebelum jalan, selfie ber3 dulu ya. Kebiasaan saya dulu adalah, selalu update dp bbm tiap kemana-mana. *dulu? sampe sekarang juga masih. #diprotes* Sylvia teman sekelas yang lagi berleha-leha di Bengkulu,  langsung kepo :p, “kalian kemana?”  Saya jawab ke Jogja. Dan dia percaya. Hahaha. Maap ya Py.

Nah, ada satu kejadian lucu -dan memalukan diri sendiri- yang dipersembahkan oleh Firda dan saya di bus. Sepuluh menit-an bus nya jalan, ada mas-mas yang bagiin sticker arema. Cuma-cuma. Dua perempuan yang masih lugu ini, girang. Lumayan dapat beginian gratis. Buat disimpen, selain karcis bus, sumpah gak penting banget simpenannya. Eh, pas udah nyimpen tu stiker di tas, si mas-mas tadi balik kanan dari arah belakang bus, sambil cuap-cuap ada ikhlas-ikhlasnya gitu. Plus bawa gelas air mineral kosong. Saya sama Firda senyum-senyum ngenes. Tuiing, bayar neng! Enak aja gratis. Seribu cukup lah ya. Harusnya tadi minta empat. *eh*

Setengah jam lebih apa kurang ya. lupa. Busnya udah dekat. Saya dibangunin ama kernet busnya. Grasa grusu lagi ngebanguninnya. *INGAT, itu kernet, yun. Bukan emak di rumah.* 3 menit-an sempat berdiri, baru bus nya benar-benar nurunin kami bertiga. Belakangan setelah kesana sini naek bus dan kereta, baru saya tau, ya memang kita harus berdiri sesegera mungkin kalau mau turun ke bukan tujuan akhir bus/kereta, lambat dikit, maka selamat melanjutkan perjalanan ke bukan tujuan anda. Hihihi.

Yeayh. Alhamdulillah. Sampailah di sini.

DSCN0383 WP

DSCN0384

Kebun Raya Purwodadi. Lokasinya di Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Kebun Penelitian besar yang juga jadi tempat wisata. Luasnya sekitar 85 hektar dan punya 10.000 jenis pohon dan tumbuhan. Biaya masuk /orang dewasanya Rp.6000. Kita bisa naik kereta ala odong-odong atau nyewa sepeda atau make’ kaki sendiri. Kami pilih opsi ke tiga. Ini kebun raya, kami jalan kaki? Karena kami gak akan tau pulangnya bisa tepar pake banget. Saya udah lupa apa-apa saja yang ada dalam KRP ini. Mau gugling, males ah 😀

DSCN0242
Ain

DSCN0257

DSCN0245

Oh iya, kata temanku yang warga asli sekitaran sini, mesti banyak-banyak istighfar.

“Loh? Kenapa, mas?” tanyaku via bbm

“Banyak yang pacaran, duduk dekat-dekatan, hahaha” balasnya.

Ya iyalah, kalo duduknya jauh-jauhan itu ujian final Prof. Sauqah kale ah.

Bikin risih? Iya. Ini tempat umum bukan tempat mesum! Mestinya ada larangan pacaran. Kan gak enak, pas lagi jalan dapat spot bagus buat foto-foto, eh ada yang pacaran *pasti langsung dikatain #jomblosirik. Hahaha. Oh iya per sekian menit bapak bapak security nya boncengan patroli keliling kebun raya ini. Mungkin buat nyergap yang pacaran :D. atau buat jagain cewek bertiga dari Malang yang lagi jalan keliling? :p

DSCN0279

DSCN0273

DSCN0286

DSCN0291

Ternyata capek juga. Ets, ada sungai dan jembatan gantung di salah satu sudut KRP ini. Waktu itu ada yang lagi take pre-wedd n family photo. Udaranya yang sejuk, lumayan lah buat refresh otak yang dipake mikir tugas kuliah kemaren.

DSCN0327

DSCN0352

Puas jalan-jalan, udah siang juga, kita nyari musholah. Untungnya ada. Lumayan bersih juga. Habis sholat, kita pulang. Capek ma meen. Makan siang gak di KRP ini, gak ada yang jualan makanan. Eh ada dink, ibu-ibu jualan nasi bungkus dan mie instan, tapi kita gak minat makan makanan anak kost *di kost maem mie, masa iya di kebun juga, hehehe. Jadilah kita pulang dengan kaki pegal dan perut laper.

Nah lo. Pulang naek apa kita? Nyetop bus lagi?

Saya bertanya cara pulang ke Malang sama ibu-ibu yang jualan di kantin dekat pintu gerbang masuk. Katanya tunggu aja, di depan banyak patas, bus an kota, atau bus mini yang ke Malang. Ongkosnya? Ternyata Lima Ribu ! UWOOWWW! Dibagi tiga ongkos pergi tadi.

Maka lewatlah bus mini lumayan tua tapi masih kece, “Malaaangg, Malaaang !!!” teriak bapak-bapak di dalamnya.

Kami memilih itu. Bus mini nya berhenti. “Malang berapa, Pak?” tanyaku

“Maunya berapa?” tanyanya balik. Yaelaaah Bapak, pake nanya balik, kaya si *tiiiiit* #sensor

“Lima ribu!” jawabku cepat.

“Yo wesss, ayo!” si Bapak oke.

Come on. Mobilnya masih kosong. Kita bertiga milih jok paling belakang. Nyaman loh, pemirsa. Gak kalah sama bus gede yang tadi kami bayar 3x lipat. Yah, pelajaran buat perempuan yang pasti keliatan anak baru dan lugu di terminal pagi tadi.

Alhamdulillah, ngebolangnya seru. Sampe ketemu lagi, Kebun Raya Purwodadi

Advertisements

2 thoughts on “Got Tired in Kebun Raya Purwodadi

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: